Sabtu, 22 September 2018

Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum

https://www.uny.ac.id
Makna Etimilogi Kurikulum
·         Asal kata “Curre” bertanding.
·         Diartikan sebaga tempat peserta didik bertanding untuk menguasai satu materi pembelajaran.
·         Asal kata “Curer” : berlari ( berkaitan dengan coner kurir yang harus menempuh suatu pengalaman untuk mencapai tujuan)
·         Jarak yang harus di tempuh.

Definisi Kurikulum
·         Produk                                                : Hasil pengembantgan aspek-aspek utama kurikulum oleh ahli yang digunakan menjadi pedoman pembelajaran.
Ø  Capaian Pembelajaran
Ø  Materi
Ø  Pembelajaran
Ø  Sistem Pembelajaran
·         Program                                   : Program-program sekolah yang akan dilaksanakan pada masa mendatang untuk melakukan program sekolah.
·         Tujuan yang Terencana            :  Ide, gagasan, atau harapan guru yang ingin direalisasikan kepada anak didik.
·         Pengalaman Belajar                 : Apa-apa yang sudah dimiliki peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran.

Kurikulum dalam Preskriptif
·         Filosofis          : Sebaga Instrumen
·         Sosiologi         : Sosialisasi dan pembudayaan
·         Psikologi         : Pengembangan potensi

Definisi Kurikulum :
1.      Jhon Dewey                : Educarion consist primarily in transmission through communication. As societies become more complex in structure and resource, the need for formal or intentional reaching and learning increases.
2.      Hilda Taba                  : A curriculum is a plan for learning, therefore, what is knon about the learning process and development of the individual has bearning on the shaping of curriculum.
3.      Orlosky and Smith      : Curriculum is the substance of the scool program. It is the content pupils are expected to learen.
4.      Goodlad                      : A curriculum consists of all those  learnings intended for student or group of student.
5.      Caswell and Cambell  : All of the experiences childern have under the gurdance of teachers.
6.      PP 19 tahunh 2005      : Seperangkat rencan dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.


Http://uny.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar